Jogja Tour ke Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi - Gunung Dashing yang berada di sebelah utara Kota Yogyakarta, bisa disebut sebagai salah satu ikon kota budaya ini. Gunung ini dinamai Merapi, yang sempat menjadi bahan berita nasional pada tahun 2006 dan 2010. Gunung berapi tahun ini dikatakan telah meletus setiap empat tahun sekali. Lava dan semburan material membuahi tanah Jogja dan Jawa Tengah. Setelah letusan di tahun 2010, mendirikan sebuah museum pendidikan tentang gunung ini. Museum Gunung Merapi, terletak di kaki Gunung Merapi di kawasan Kaliurang, tak jauh dari jantung kota Jogja. Museum ini sering dikunjungi sebagai objek wisata untuk acara study tour, dan liburan keluarga.

Jogja Tour ke Museum Mengapa Tidak?

Jika sering dengan wisata alam di jogja maka jangan salah mencoba berlibur ke museum. Sekilas tentang kata Museum gunung merapi yang terlintas di benak kita adalah gunung yang menakjubkan dan mistis, namun eksistensi museum ini seperti menghilangkan kesan mistis. Dengan tampilan futuristik dan modern, tambahkan rasa nyaman dan rasakan di rumah di museum. Membangun museum yang dibangun di atas lahan seluas 3,5 hektare, berfungsi sebagai wahana pendidikan, baik anak-anak maupun orang dewasa. Ada apa sih di museum ini? Mari kita lihat lebih dekat! Tiket masuk sangat murah, hanya Rp 3 ribu saja, setelah membeli tiket pengunjung yang disambut replika Gunung Merapi sangat besar, dalam replika ini kita bisa membayangkan seberapa luas gunung berapi ini. Menariknya ada uap yang meledak di replika, seperti nyata yang anda tahu.

Setelah itu, kita masuk ke bagian tengah museum, oh perlu diingat ikuti arus tur museum agar berjalan dan tidak membingungkan. Di tengah-tengah pameran Zona Gunung berapi, yang menjelaskan penyebaran gunung berapi di Indonesia, maka ada pameran khusus gunung berapi Gunung Merapi yang menjelaskan banyak hal tentang Gunung Merapi, mulai dari awal sejarah letusan, jenis bahan yang dilepaskan. , berbagai koleksi bahkan menunjukkan dampak letusan Gunung Merapi (seperti sepeda motor yang terkena awan panas dan lain-lain). Di tempat ini pengunjung bisa membaca tentang mitos dan cerita seputar Gunung Merapi.

Berjalan sambil mendengarkan ceritanya dengan paket wisata jogja

Saat kami mengelilingi museum, di tengah pameran ada ruang kaca yang eye-catching. Ruangan ini merupakan ruangan yang sengaja dibuat seolah-olah lokasi terkena letusan Gunung Merapi. Rencananya zona ini akan dimanfaatkan sebagai lokasi simulasi gempa akibat letusan gunung berapi. Tak jauh dari sana ada Kawasan Lelang Gunung Merapi tahun 2010, di sini dipamerkan beberapa benda yang terpapar awan panas, foto, artikel, bahkan loker buku tamu dari Gunung Merapi yang terkenal adalah Mbah Maridjan. Masih belum puas? Tenanglah, masih ada lantai dua. Di lantai dua pameran museum jauh lebih interaktif, disini pengunjung bisa mendapatkan pengetahuan tentang perkembangan vulkanologi secara penuh. Jadi selera Geografi anak deh disini. Museum Gunung Merapi terbuka untuk umum, dan lebih baik menggunakan layanan jogja sewa mobil di sewa mobil jogja murah  agar lebih mudah menuju ke tempat ini.

Komentar